Tips merawat printer biar awet dan hasil print bagus


Printer mau gak mau, merupakan kebutuhan utama untuk para mahasiswa, guru, pegawai, pengusaha, dll. Tentunya jadi piranti vital yang setiap saat ketika dibutuhkan harus siap digunakan. Namun, kebanyakan pengguna enggan merawat dan memperhatikan piranti ini, alhasil ketika dibutuhkanpun terkadang mengalami kendala sehingga menghambat pekerjaan Anda. Disini kami tidak berbicara masalah brand tertentu tetapi akan kami ulas secara umum, berikut adalah tips nya

::1:: Perhatikan level tinta
        Bila anda menggunakan printer infus, hal ini akan sangat mudah untuk dilakukkan, tapi untuk printer ink jet, biasanya apabila catriage masih original akan ada peringatan untuk segerah isi ulang. Terpenting adalah jangan sampai kehabisan tinta terutama di printer infus, karena akan membuat udara masik dalam selang infus dan menghambat kinerja pada umumnya.

::2:: Untuk printer tinta, pakailah secara rutin
       Perlu diperhatikan sifat dari tinta yakni mudah untuk mengering, oleh sebabnya dianjurkan untuk memakai secara rutin printer tersebut, terutama infus modifan hal tersebut sangat rentan tiba-tiba infus tidak dapat digunakan. Akan lebih baik jika anda membeli printer dengan infus bawaan karena telah secara sedemikian rupa di desain oleh pabrikan untuk model infus, sehingga maintenance ketika terjadi hal serupa  akan mudah dilakukkan, dan juga tidak terikat dipakai rutin secara berturut-turut. Untuk infus modifan minimal pakailan 3x seminggu, paling tida print apa aja 1 lembar saja, guna untuk menjaga kelancaran sistem infus. Kalau untuk printer infus bawaan pabrik, menurut pengalaman kami, dipakai sebulan sekali pun masih aman-aman saja, apabila sedikit kurang bagus tinggal headclean dan masalah teratasi.

::3:: Jangan gunakan tinta abal-abal
       Jika anda pengguna infus pabrikan maka sangat dianjurkan menggunakan tinta asli dari brand tersebut. Hal ini terlihat sepele tetapi sangat berpengaruh besar terhadap kondisi headprint Anda. Sepanjang menggunakan tinta asli maka akan jauh lebih awet dariapada menggunakan tinda non original. Namun, apabila anda menggunakan infus modifan ada baiknya anda gunakan tinta yang sejenis dan menurut beberapa review bagus, jangan gonta-ganti merk tinta, karna akan merusak printhead Anda. Jika tidak menggunakan infus, hanya sebatas catriage saja, ada beberapa opsi, termudah Anda tinggal beri catriage baru atau bahkan Anda bisa isi ulang sendiri dengan kapasitas yang cukup (tidak kurang dan tidak lebih) dari kapasitas daya tampung catriage(biasanya ada dalam kardus pembelian catriage)

::4:: Jangan paksa printer ngeprint berlebihan dalam satu waktu
       Memang terkadang mengharuskan kita print banyak dokumen dalam satu waktu, tetapi hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena dapat menurunkan kualitas dan kondisi dari headprint sendiri. Bila mengharuskan print banyak lembar seperti 100 lembar, berilah waktu printer untuk istirahat sejenak. misalnya print secara bertahan 50 jeda beberpa menit dilanjutkan 50 lembar lagi.. lebih banyak jeda akan lebih baik untuk keawetan printer pada masa yang akan datang.

::5:: Dianjurkan jangan letakkan isi stapleas, paperclip diatas printer
      Terkadang kita tidak tau menau atau bahkan lupa, meletakkan hal tersebut diatas printer, apabila terjadi ditakutkan dengan meletakkan hal tersebut, maka akan masuk kedalam printer dan terjepit dalam roller printer tanpa kita sadari, tentunya akan menghambat dan merusak kinerja dari printer tersebut.


Mungkin demikianlah tips ini, semoga bermanfaat~

0 komentar:

Posting Komentar