Tips memilih laptop harian

Laptop atau Notebook udah gak asing lagi kan? Bahkan setiap mahasiswa, siswa, guru, pegawaipun mengharuskan untuk punya perangkat ini bro.. Lalu milih laptop itu yang jelas juga gak asal milih juga sih, tapi juga gak pake rumus matematis juga untuk menentukannya. Sebenarnya simple hanya ketahui-sesuaikan-pilih itu saja. Kenapa harus demikian? yang jelas agar gak menyesal dikemudian hari, karna ya yang namanya piranti ini harus cocok dengan kita, gak boleh enggak deh pokokknya, So, langsung simak tips berikut ini

::1:: Ketahuilah Aktivitas Komputing Anda!
       Langkah awal, coba kalian list apa aja yang biasanya atau bakalan kalian lakuin di laptop sobat. Misalnya aja nih, kategori ringan : ngetik, presentasi, entry data. Kategori menengah hingga berat : Edit Video, Graphic design, gamer, programmer, developer dll. Itu harus kalian list terlebih dahulu

::2:: Siapkan dan ketahui Budged Anda!
       Nah ini nih, yang terpenting. Kagak ada budged gak bakalan bisa beli kan ya... wkwk. Jadi ini juga bakalan jadi pertimbangan nih, makannya paling tidak tentuin jumlahnya kisaran berapa. Dan nanti bisa buat beli brand A, B atau C. Mau baru atau bekas, dan mengikuti speknya seperti apa.

::3:: Pilih Spesifikasi Gambaran
        Ini bagian yang lumayan krusial. Kenapa? karna melali bagian ini kalian akan dilanda kegalauan, wkwk... yaa kagak juga sih... Soalnya kalian harus bisa menyeimbangkan antara point 1 dan 2. Nah lo,,.. Tapi gak papa, selebihnya bisa Anda pikirkan sambil jalan tapi akan sedikit saya jabarkan tentang spesifikasi utama sob dari sebuah Notebook
a. Portabilitas
    Kalian termasuk tipe apa nih? Sibuk mobilitas tinggi atau hanya misalnya dikantor aja, in perlu adi pertimbangan, mau laptop yang seperti apa, apakah tipis (ultrabook) atau laptop mainstream atau bahkan jika portabilitas tidak jadi hal utama bisa abaikan saja. Btw, memang untuk hardware akan berbeda performance untuk ultrabook dg laptop mainstream atau bahkan gamer, karna untuk ultrabook lebih dipentingkan untuk portabilitasnya. Tapi seiring berjalannya waktu sekarang udah mulai di improve tuh ultrabook, meski tipis tetep gahar.

b. Ukuran Layar
    Kembali ke point 1 tentang kebutuhan, sesuaikan saja aktivitas kamu dengan ukuran layar yang paling nyaman lah ya... Dan perlu diperhatikan ukuran layar dengan resolusinya, ada layar yang gede tapi resolusinya kecil, ada pula yang layar kecil resolusinya besar. Bedanya adalah kepadatan dari tampilan disetiap satuan ukurannya. Semakin besar resolusi maka akan semakin detail dan bisa menampilkan gambar secara detail dalam satuan ukuran panjangnya. Gampangnya tulisan kecil akan terbaca jelas di layar resolusi besar. Sedangkan ukuran layar adalah ukuran fisik dari layar itu sendiri. Lalu kalo yang bagus gimana? yang bagus adalah layar ya besar, resolusi juga besar. Misal layar 15inch resolusi FULL HD. atau bisa juga layar 13,3 resolusi udah full HD.

c. Prosessor
    Prosessor sekalilagi ini memegang penaran penting lho ya, jangan diremehkan dan jangan sampai salah pilih, sesuaikan kebutuhan ajaa. Misalnya kalo cman ngetik, bisa aja pilih Intel Celeron Inside atau sejenisnya. Kalo presentasi? bisa aja celeron atau pengen cepet dikit i3 misalnya buat yang suka presentasi kelas berat (banyak video inserted). Kalo sukanya Edit Video? Pilih yang high end sekalian i5 atau i7 bahkan i9(baru launching ini) juga bagus wkwk. karna, Proci itu dibutuhin waktu kita rendering video gaes. kadang orang salah kaprah kalo Edit Video cman pake VGA tapi yang utama ntar pada prosess render akhirnya bakalan pke CPU. VGA dipake saat live preview ketika editing. Kemudian kalo sukanya Gambar grafis, nah ini baru kalian pilih prosessor bisa yang menengah seperti i3 atau i5 kemudian dikombinasikan sama VGA yang bagus untuk hal preview.

d. RAM
    Random Access Memory(RAM) ini dibutuhkan untuk yang suka Multitasking atau main banyak program dalam satu waktu. Bagi kelas ringan bisa lebih leluasa minimal 4GB lah, kalau saya sendiri lebih suka gitu, karna kita gak tau kedepannya gimana, meski 2 GB udah lumayan untuk ringan-ringan, tapi bagi yang suka kerja cepet rekomen 4GB buat negtik, presentasi,browsing lebih proper. Kalo untuk kelas Editng Video Grafis lebih leluasa 8Gb keatas, meski 4GB sebenarnya sudah bisa. Kalau biuat gambar Grafis bisa juga sekitar 4-8Gb. Oiya untuk tafsiran ini, berdasarkan pengalaman saja dan artikel ini ditulis pada tahun 2018, dan yang perlu diperhatikan juga OS nya 32bit atau 64bit. Kalo 32 maksimal adalah 4gb sedangkan 64 bisa 2 sampai yang diinginkan (sesuai speksifikasi mainboard)

e. Penyimpanan
    Kemudian ruang penyimpanan nih,, ini juga sesuaiin sesuai dengan kebutuhan sehari-hari mu, kalo suka nyimpen film2 artinya kapasitasnya di gedein, kapasitas HDD mulai 500GB an,, tapi tenang untuk ruang penyimpanan masih bisa di upgrade sewaktu-waktu kok, kalo kayak processor itu kgk bs diupgrade.. hehew,, kemudian ada tipe penyimpanan yang lebih cepet nih gaes, yaitu SSD, kalian bisa pilih itu sebagai alternatif kalo penggen laptopnya cepet buat access apa ajaaa....


f. Integrated Graphic
   Integrated graphic ini penting bagi yang suka olah-olah grafis, kayak video editing, suka corel, photoshop, autocad dsb. kalo yang suka mainan apps itu kami rekomendasikan untuk pilih laptop yang memiliki integrated graphic yang mumpuni sesuai kebutuhan. keyak radeon atau nvidia.

g. Interface/ IO
    Kadang hal ini kurang diperhatikan sih, karna tiap laptop IO nya udah hanya itu2 aja... perlu diketahui untuk laptop model baru kemungkinan bisa ada perubahan So? jangan kaget makanya coba kita teliti untuk port IO nya... Hal tersebut seperti layaknya VGA out, USB, 3,5mm Audio, HDMI, dsb. Laptop yang tipis2 biasanya menggunakan HDMI bukan lagi pake DSUB VGA, jadi jika kalian mau presentasi di proyektor yang pke VGA perlu ditambahkan HDMI to DSUB converter.


::4:: Memilih Laptop
Oke langkah terakhir adalah berada di tanganmu, sesuaikan antara Budged dan Spesikasi idamanmu, lalu pilih juga brand laptop yang memiliki durability tinggi kemudian baru pilih 'price to performance' jangan kebalik ntar dapetnya yang gampang rusak wkwk.


Oke sob, Demikian pembahasan ini, semoga bermanfaat yaa...





0 komentar:

Posting Komentar