Piranti Membangun RTRWNET

Hai, blog reader.. Pada postingan ini mimin akan membahas tentang membangun sebuah bisnis RTRWNET, ingat ya RT/RW net buka Provinsi NET itu dah masuk ijin ISP nantinya dan bisa Tercyduk ntar wkwk.. Sebenrnyta untuk perangkat simple dan pasti ada asal ada budget nya, terus paling sulit adalah menentukan ISPnya namun, hal itu gak jadi masalah banget ketika didaerah temen-temen tercover oleh ISP Fixed kabel, contohnya Telkom Indonesia, Biznet, myRepublic, MNCPlayMedia, nah sekiranya itu yang bisa jadi saran dari gue.. hahaha.. Eits, tapi kalo gak kecover bisa gak ya bikin RTRWNet, hmm, kayanya bisa aja, kalian bisa beli bandwidth dari penyedia jasa Wireless kemudian ntar kalian sebar lagi via Wireless...Oke, habis ISP kalian fokus ke perangkat, berikut perangkatnya..

#1. Mikrotik RouterBoard
nah ini, perangkat paling populer yang biasa digunakan oleh para pemain RTRWNET. Jadi melalui perangkat ini, kalian bisa mengatur apapun yang nantinya diberikan kepada pelanggan anda, misalnya kalian mau buat sistem kuota Data, Kuota Waktu, Limit kecepatan, semua bisa, hingga yang paling trend di RTRW net adalah login sistemnya. Nah, itu semua diaturnya di Mikrotik RouterBoard ini. Untuk saranya bagi pemula dengan User yang sedikit bisa pakai RB750, untuk tingkat lanjut bisa pakai RB450 dan juga RB950 keatas, atau kalo dah padet pengguna bisa gunakan CCR, tapi ya harganya vroh..

#2. Perangkat Pemancar
habis itu tentunya dari jaringan yang udah kalian buat tentunya dipancarin dong ya,, atau kalo kalian selo bisa aja buat jaringan kabel sekampung, tapi itu GAK EFEKTIF gaes,, wkwk... nah itu dia untuk perangkat pemancar wifi kalian bisa beli yang udah all in yaitu access point dan antenanya jadi satu atau kalian beli yang terpisah access point dan antena (bisa omni misalnya). Kalo ditanya performa sebenarnya lebih bagus yang terpisah, asalkan pemilihan kombinasi antena dan access point nya tepat dan keduanya berkualitas. Untuk vendor perangkat ini biasa temen-temenRTRW net gunakan dari vendor Tplink, Ubiquity, Mikrotik dan beberapa merk baru muncul akhir-akhir ini yaitu tenda, totolink, dll... itu selera tapi untuk high class gunakan ubiquity atau mikrotik. Untuk antena bisa dari vendor ubiquity, hyperlink untuk versi high class, dan dibahwahnya diikuti oleh tplink, kenbotong, vezatech. Biasanya disini prinsip ada harga ada kualitas berlaku untuk produk branded yang saya sebutkan tadi.

#3. Tower (Optional)
untuk memudahan maintenance, menambah jaringan, perluasan jaringan tower sangat diperlukan, macamnya seperti tower triangle, tower pipa/monopole, dll. tergantungpada kebutuhan dan budget anda.

terakhir adalah seting semua itu dan mungkin diperlukan beberapa pengalaman memasang, merakit perangkat-perangkat diatas, jika tertarik silahkan tinggalkan ke kolom komentar untuk request lainnya..
Mungkin demikian dulu untuk postingan kaliini, semoga bermanfaat, Enjoy your experience~

0 komentar:

Posting Komentar