Sulit terkoneksi ke WIFI tertentu?

Hai sob, terkadang kita bingung ketika hendak terkoneksi ke suatu wifi yang tersedia namun tidak bisa, sementara kita urgent untuk segerah membutukan koneksi internet demi kepentingan kita sendiri-sendiri. Hal tersebut terjadi pada saat kita berkunjung kedaerah pelosok dan salah satu koneksi internet yang ada hanyalah koneksi via wifi tersebut atau mungkin ketika kita-jalan-jalan ke luar negeri kemudian tentunya packet data kita roaming. Tentu menjadi hal yang sangat klasik sob, bila tidak ada koneksi sama sekali dizaman yang serba modern yang semuanya hampir menggunakan internet sebgai sarana komunikasi.Mungkin berdasarkan pengalaman yang mimin dapatkan bisa membantu sobat sekalian dalam mengatasi permasalahan tersebut..

>>Pemancar Wifi telah penuh terisi pelanggan
     Tanpa kita sadari beberapa alat pemancar wifi memiliki batasan jumlah pengguna yang dapat ditampung apabila melebihi batas tersebut maka pemancar wifi tidak akan bisa lagi menerima pelanggan baru yang akan terkoneksi. Tentunya juga hal ini sesuai dengan spesifikasi pemancar wifi itu sendiri. Untuk tipe high-end memang secara penuh telah dfidesain untuk menampung banyak pengguna wifi, tipe ini biasanya digunakan oleh pengembang jaringan wifi untuk sekala seperti di airport, mall, public area, seperti di indonesia yang menggunakan tipe high-end adalah wifi.id. Namun, untuk tipe sederhana low-end biasanya pemancar wifi yang diletakkan dirumah-rumah, biasanya hanya bisa menampung pengguna tidak banyak. Tak jarang tipe ini memiliki harga beli yang cukup murah olehnya maka banyak dipakai beberapa instansi seperti sekolah, dan juga tidak jarang titemui bahwa wifi disekolah-sekolah terkadang sulit untuk terkoneksi.

>>"Obtaining IP Address"
berbeda dengan komputer windows, Android tidak akan terkoneksi secara simultan ke wifi yang tidak memiliki IP Address. Bagi yang belum tahu, apa itu IP Address? IP Address adalah Alamat yang kita miliki agar bisa terhubung ke internet, olehkarenanya penting mendapatkan IP Address untuk proses pengarahan ke jalur inet. Beberapa penyedia akses wifi di public area terkadang mengalami hal demikian yakni susahnya mendapatkan IP Address, hal tersebut terjadi karena bisa saja pool penyedia IP Address yang terlampau penuh dan bisa saja karena kabel penghubung antara Pemancar wifi dengan server pool / router terputus. Jika hanya pada masalah penuhnya Pool bisa saja diakali dengan membuat IP Statik pada HP android kita dengan mengacak IP atau menerapkan IP Secara defaultnya, apabila cocok dengan instalasi IP pada jaringan maka akan dengan mudah terkoneksi ke jaringan - gateway dan terkoneksi ke internet.

>>Pemancar wifi dipasang MAC Filtering
pemancar wifi tak berpassword bisa jadi bisa dikoneksi dan bisa juga tidak bisa dikonesi, mengapa demikian? karena untuk alasan privasi, para pengembang jaringan adapun yang menerapkan WIFI-MAC filtering, dimana yang akan bisa terkoneksi hanya daftar Perangkan dengan Alamat MAC tersebut lah yang dijinkan. Ketahuilah bahwa perangkan wifi memiliki Alamat MAC sendiri-sendiri yang merupakan identitas dari perangkat tersebut, dan tiap perangkat memiliki alamat MAC yang berbeda-beda

>>Perlu web-login terlebih dahulu
penyedia wifi public area banyak yang sudah menerapakan portal web login, karena memang lebih efektif dalam memantau pengguna dan juga lebih interaktif daripada dengan sistem keamanan password secara  konvensional. perbedaannya adalah ketita kita berhasil terkoneksi ke jaringan kita tidak langsung bisa terkoneksi ke internet, namun kita perlu Login terlebih dahuli memalui web. Apabila web login tidak muncul dapat pula dengan memancing web login, paling gampang dengan menuliskan situs yang tidak menggunakan https,, misalnya: kompas.com
berdasarkan uji, beberapa captive portal web login tidak dapat muncul bila kita pancing dengan website yang https, seperti google.com, facebook.com, detik.com, twitter.com. Apabila tetap web login tidak muncul maka coba swicth off kemudian swicth on wifi anda dan koneksikan kembali.

>>Sinyal Terlalu lemah
meski masih terdeteksi, katakanlah 1 bar sinyal namun belum menjamin bisa terkoneksi dengan baik, karena sejatinya koneksi wifi itu diperlukan komunikasi 2 arah yang harus berjalan dengan lancar sebagaimana mestinya, apabila salahsatu komunikasi baik di sisi penerima maupun pemancar ada ganggunan maka tidak dapat terkonesi dengan baik, istilahnya wifi itu konesinya seperti berjabat tangan, jadi keduanya harus saling berkomunikasi.

>>Interferensi dengan pemancar lain
terkadang adapula kejadian dimana sinyal penuh tetapi tidak dapat terkoneksi dengan baik, usut punya usut setelah ditelusuru ada 2 perangkat pemancar wifi yang memilii channel yang sama. Fyi, wifi memiliki spektrum frekuensi dari channel 1-13 untuk region indonesia dan masing-masing memiliki plot frequensi sendiri-sendiri. Apabila pemancar wifi menggunakan channel yang salam maka akan trjadi tabrakan frequensi yang nantinya dapat menganggu jalur komunikasi, itulah yang menyebabkan wifi meski sinyal bagus tapi koneksi terputus-putus atau bahkan tidak dapat terkoneksi sama sekali.


>>Password tersimpan belum diperbaharui
Nah, terakhir adalah kejadian yang lucu. tentu kita telah tau kalau ketika kita hendak koneksi ke wifi yang berpassword dan kemudian kita menuliskan password dan terkoneksi berhasil, maka secara otomatis password itu akan tersimpan ke parangkat kita baik itu OS Windows maupun android. Ketika di android mudah saja kita forgot, untuk windows mungkin agak sedikit banyak klik ini itu ya... Nah, ketika si pemilik pemancar wifi tersebut mengganti passwordnya dengan nama wifi yang sama, untuk windows mungkin hanya ada perintah error terkoneksi saja dan tidak diminta memasukkan password yang baru namun untuk android terkadang ada perintah memasukkan password baru namun adapula yang secara manual untuk forgot dahulu... pada windows yang kebanyakan orang sering kelupaaan adalah mengganti password yang tersimpan dengan memforgotnya terlebih dahulu pada setting, barulah akan bisa terkoneksi.


Demikian, postingan kali ini semoga bermanfaat ^.^

0 komentar:

Posting Komentar