Tips hindari feedback saat live sound system


FeedBack mungkin bisa saja sering kita jumpai pada saat live. Feedback terjadi secara awamnya digambarkan apabila mic mendengar suara speaker dan terjadi loop diantaranya yang menimbulkan suara tidak enak tentunys.. Berikut Tips nya::

>> Kenali Karakter Speaker
      Speaker perlu kita ketahui karakternya, meliputi karakter suara yang bisa di repro dari speaker tersebut dan juga karakter pola sebaran suaranya. Mungkin apabila speaker pabrikan Anda bisa melihat pada manual book, dan disana akan diketahui spesifikasinya. Mengapa perlu? hal ini akan menjadi refrensi ketika Anda meletakkan speaker ini. Sehingga mampu efektif menyebarkan suara ke audience tanpa penimbulkan feedback.

>> Kenali karakter Mic
     Kedua, ini sangat penting pula, mic banyak tipenya. Dengan pola penangkapan tersendiri setiap jenis mic yang dipakai.

>> Perhatikan Penempatan Speaker
      Dari karakter speaker kita dapat menjadikan hal tersebut sebagai refrensi penempatan speaker agar ditempatkan sebagaimana efektif sebagai fungsinya. Speaker disini adalah speaker main out maupun speaker monitor panggung ya. Untuk itu untuk speaker main out kita perlu perhatikan adalah dimanakah audience berada. jangan sampai kita membuang suara ke wilayah tanpa audience. Apabila speaker monitor sebenarnya tergantung musisinya dimana dia membutuhkannya      

>> Maksimalkan Di check Sound
     Setelah tata letak fix berikutnya tuning suara, berilah gain secukupnya dan cut frekuensi yang menimbulkan feedback, tapi JANGAN TERLALU SADIS cutnya karena dapat merubah karakter suara. kemudian untuk akhir bagian anda bisa test feedback dengan mendekatkan mic ke speaker sewajarnya dengan mengasumsikan anda seorang musisi yang sedang bermusik atau hal apa saja yang bisa terjadi nanti di panggung. Ini akan membuat anda lebih siap dengan situasi yang akan terjadi apalagi anda menghandle sebuah acara formal.

>> Gunakan Compressor dan Gate
     Menghindari feedback ketika mic tidak digunakan bisa gunakan gate, dan untuk meminimalisir suara feedback yang sangat keras sekali jika tidak sengaja terjadi gunakan compressor sekaligus untuk mengharmonikan dinamis penyanyi. tapi perlu diingat compressor dan gate jangan terlalu sadis agar tidak berat tarikan mic nya.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar