Review Todaair TD3024 rasa ubi, sekaligus komparasi dengan Ubiquity Nanostation M2

Sobat teknotd, kali ini admin akan sedikit mengupas perangkat wifi outdoor, fyi perangkat ini sebenernya milik temen saya, dikala itu saya pinjam untuk sekedar testing sinyal ke calon client baru, namun karna perangkat ini ada sisi "keunikannya" makannya jadi tertarik untuk saya ulas disini, wkwk...

Sebelumnya seperti biasa kita akan preview dulu untuk spesifikasinya. But, somehow, sudah saya cari-cari spek perangkat ini belum kunjung ketemu juga, baik itu di web resminya maupun forum-forum. bagi yang menmukan boleh banget untuk berkontribusi ke kolom komentar yaa... Seri perangkat ini tertulis TD3024 yang katanya sih, keluaran TodaAir. Hal yang membuat saya tertarik yang 'katanya' setelah diganti IC nya dg mod UBI, bisa jadi setara NanoStation beneran? Masak sih? Dari segi harga sendiri TD3024 itu harganya kurang dari separo harga NanoStation M2, dan IC mod Ubi harganya gak sampe 20rb. Kalo performance bener2 sama ya gimana gak WORTH coba wkwk. Yaa begitulaah,..

Spesifikasi TD3024
- Internal Antena : 2x2 MIMO 14dbi
- Processors :
- Ram :
- Port Lan : 2x 100Mbps Full Duplex
- Tx Power :
- POE : 24v 0.5A

Spesifikasi NSM2 (versi xw)
- Internal Antena : 2x2 MIMO 11dbi
- Processors : Atheros
- Memory Int / Ram : 32MB / 8MB
- Port Lan : 2x 100Mbps Full Duplex [POE Passthrough]
- Tx Power : 28 dbm
- POE : 24v 0.5A


Pada pengujian ini kami akan menangkap sinyal yang dipancarkan oleh AP pusat. Overall, saya kagum dengan sinyal yang dapat ditangkap oleh TD3024. Sinyal cukup baik dengan kondisi medan yang sangat lebat, masih bisa ditembus dengan troughput lumayan lah, tapi masalah stabilitas saya agak kurang begitu setuju, perangkat ini atau mungkin faktor alam di daerah saya, kurang begitu tau, namun dai ujicoba ini didapat bahwa ccq mudah untuk drop hingga 50% an, alhasil mudah untuk RTO. Sekali lagi ini hanya pendapat opini saya pribadi, dan bisa jadi beda tempat akan berbeda. Berikut akan kita bandingkan dengan NSM2:

::1:: Sinyal?
 Awalnya saya mengira sinyal akan tidak jauh berbeda antara NSM2 dengan TD3024, ternyata benar adanya, meski sinyal lebih bagus NSM2 namun tidak jauh perbedaannya, hanya sekitar 3-5 dbm saja. dengan catatan pada test ini tidak ada perubahan pada AP pusat yaa...

::2:: Sensitivitas?
Memang ada harga ada kualitas, kali ini dalam hal sensitivitas, lebih unggul jauh NSM2. Kurang tau apa penyebabnya yang jelas banyak pengaruhnya karna manufaktur dari penrangkat itu sendiri. Saat kita mencoba site survey NSM2 jauh lebih banyak menemukan Access Point daripada TD3024. Padahal jika secara spesifikasi TD3024 lebih tinggi gain antenanya, namun realita berkata lain.

::3:: Stabilitas
Setelah kita uji masing-masing selama 24jam, ternyata NSM2 cenderung mempertahankan koneksinya dan ccq pada kondisi sekitar 90% dan ping bisa dikatakan lebih baik katimbang TD3024 ccq 50-60%an. Mungkin bisa jadi TD3024 tidak tahan terhadap Interferensi daerah setempat dan kondisi medan yang terlalu banyak pohon.

::4:: Troughput
Selama masa uji, jika pada kondisi CCQ yang bagus, kedua perangkat memiliki troughput hampir sama meski lagi-lagi NSM2 lebih tinggi sedikit.

::5:: Web UI?
nah, karna web UI TD3024 merupakan mod ubinsm2 ya jadinya sama persis, cuman di TD3024 gak ada logo "Genuine Ubiquity Product". sarannya jangan dikasih akses inet ke AP Td3024 katanya dulu kayak TPLINK rasa ubi ada yang keblokir akibat hal serupa.. wkwk..

Nah itu dia sedikit review. ada beberapa hal yang tidak sempat kami uji karna keterbatasan waktu yakni POE passthrough dari kedua alat. jika secara spesifikasi NSM2 bisa dilakukkan POE passthrough, namun untuk TD3024 kurang begitu adanya kejelasan dispesifikasinya.. Fyi, TD3024 ini teman saya dapatkan dari lapak dibukalapak, dan barang ini sangat sulit didapatkan dipasaran. But, untuk secara keseluruhan, lumayan sih, rekomen aja klo untuk jarak2 deket ataupun bener2 LOS alat ini (TD3024) bisa lebih maksimal, which is kita coba dengan jarak dekat juga dan LOS ternyata TD3024 bener2 menyamai NSM2 guys... mayan lah untuk harga segituu....

Demikian review ini semoga bermanfaat...

0 komentar:

Posting Komentar