Review NanoStation M5 [NSM5] 16dbi 5Ghz Point to Point

    NanoStation M5 ini merupakan produk access Point yang udah built in antena - sehingga lebih simple dalam penggunaannya. Perangkat ini sesuai dengan serinya yaitu NS M5 16Dbi artinya Bekerja pada frekuensi 5,8Ghz dengan teknologi MI-MO dan dengan internal antena Dual-Polarization. Perangkat ini memiliki kekuatan Power hingga 27Dbm.. sudah sangat lumayan disandingkan dengan Antena 16Dbi nya.. Kemudian tentunya bila dijodohkan sesama produk UBNT maka akan bisa bekerja sistem AirMax nya yang mampu mentransmisikan data lebih stabil.
    Oke, review mimin kali ini, saat tulisan ini dibuat mimin sudah memakai perangkat ini lebih dari satu tahun dan selama pemakaian 24 jam nonstop tidak ditemukan kendala yang berarti. Untuk pengaplikasiannya mimin gunakan untuk PTP hingga hampir 2Km dengan kondisi tidak terlalu Los, dan ketinggian tiang yang cukup minimalis hanya sekitar 12 meter saja. Dan hasilnya walau sinyal diterima perangkat kuranf lebih -74 dbm namun masih bisa mengantarkan bandwidth hingga 8Mbps dengan sangat stabil dan Ping yang rendah tentunya. Blm dicoba dengan bandwidth yang lebih besar lagi namun pada DataRate max nya menunjukkan hingg 165Mbps [lebar pita 40Mhz] dan 72Mbps [lebar pita 20Mhz].
    Bicara mengenai lebar pita, semakin lebar pita yang disetting maka semakin besar bandwidth yang bisa dilewatkan namun, semakin kecil lebar pita akan semakin jauh pancarannya dan semakin terhindar dari interfency perangkat frequensi sejenis.
   Overall, perangkat ini sangat bagus digunakan PTP untuk jarak menengah, selain pemasangan simple, setting juga mudah dan juga membuat tidur jadi lebih nyenyak karena minim terjadi gangguan error dan sebagainya. Namun, semua ini juga akan tergantung lokasi, bisa saja lokasi mimin akan berbeda jika digunakan alat yang sama di lokasi temen2 semua... Namun melalui tulisan ini bisa dijadikan gambaran tentang performace dari NSM5. Fyi, untuk lokasi mimin masih minim untuk pengguna 5,8Ghz jadi interfency minimum, namun banyak pepohonan, sedangkan untuk Freq. 2,4Ghz sudah sangat sesak dan bejibun.. Demikian postingan kali ini semoga bermanfaat.. -Enjoy your Experience

0 komentar:

Posting Komentar