Tips untuk PC yang harus ON 24 Jam nonstop

Sobat teknotd, mungkin ada suatu hal yang mengharuskan pc sobat online selama 24jam nonstop. Mungkin menjadikan pc tersebut sebagai server di warnet, sebagai cloud data, sebagai data & printer sharing di kantor, sebagai webserver, atau bahkan mining dll. Tentu melihat persoalan itu pc memang harus bekerja selama 24 jam. Namun perlu diketahui kalo tidak semua pc mendukung untuk bekerja selama 24jam nonstop. Hardware pada pc biasanya itu ada ambang batas kerjanya dan di setting untuk kerja normal. Oke, lalu apakah bisa pc biasa kita buat ON 24Jam? Jawabnya tentu bisa, namun saya sarankan untuk mengikuti tips berikut

>>Gunakan Power Supply yang bagus
    Powersupply memegang peranan sangat penting dalam komputer bro, jadi.. gunakanlah yang benar-benar bagus dan reliable, nah seperti apa yang reliable itu? untuk power suppy komputer tentu sobat kenal yang namanya standart 80plus. dalam standar 80+ ada bberapa jenis, diantaranya 80plus, Broze, Silver, Gold, Platinum, Titanium. Dainatara jenis-jenis itu ada bedanya, pertama jelas beda harganya sobat,, semakin tinggi akan mendapat harga yang lebih mahal, lalu sebenarnya apa itu 80+? itu merupakan tingkatan efisiensi PSU. Tandakita sadari setiap tranformer, PSU Swicthing dia tu punya efisiensi mengkonversi energi, dan ada juga power loss yang biasanaya terbuang menjadi panas, jadi kalo psu abal-abal powerlossnya lebih banyak katimbang energi yang dapat digunakan. So gunakan PSU yang benar-benar berefisiensi tinggi.. untuk kriteria jenis 80+ dapat dilihat berikut sobat :

80 Plus Test Type115V internal non-redundant230V internal redundant
Percentage of rated load10%20%50%100%10%20%50%100%
80 Plus80%80%80%
80 Plus Bronze82%85%82%81%85%81%
80 Plus Silver85%88%85%85%89%85%
80 Plus Gold87%90%87%88%92%88%
80 Plus Platinum90%92%89%90%94%91%
80 Plus Titanium90%92%94%90%90%94%96%91%
*sumber : www.plugloadsolutions.com
Jelas terlihat pada table berikut bahwa yang memiliki efisiensi tertinggi adalah PSU 80+Bronze. Untuk brand PSU ada bnyak banget sobat, sepertei Seasonic, Corsair, Enlight, dll. Ingat terpenting carilah PSU Pure 80+ !

>>Gunakan Mainboard yang jelas Reliable
mainboard yang reliable juga penting sob, dia memagang peranan penting dalam komputasi, gunakan beberapa brand mainboard yang sudah teruji ketahanannya. Sehingga kuat untuk kerja nonstop. seperti jenis mainboard ASUS, Biostar, Gigabyte yang telah menggunakan solid capacitors. terlebih gunakan mainboard yang memiliki garansi yang lebih panjang, sehingga ketika belum masanya udah down/mati maka dapat dipertukarkan ke service center. Nah itu dia tipsnya.

>>Rancanglah sirkulasi udara yang baik
menggunakan komponen komputer tentunya takbisa dipungkiri adalah panas yang dihasilkan oleh masing-masing komponen, seperti cpu, ram, graphic card, tentu banyak mengeluarkan emisi panas. olehkarenanya rancang casing komputer memiliki sirkulasi udara yang baik dengan menambahkan beberapa fan mungkin. karna sejatinya setiap komponen memiliki masa pakai sendiri-sendiri, sedangkan apabila komponen katakanlah overheat maka, umur atau masa pakainya akan berubah menjadi lebih pendek.

>>CPU/Ram udah reliable?
untuk cpu biasa tentu ada masapakainya, dan sebenarnya tidak dirancang untuk nonstop, tapi itu bisa asal memperhatikan bberapa poin diatas, namun kalau punya budget lebih bisa gunakan prosessor khusus server, karena pabrikan udah ngerancang untuk bekerja nonstop. Sedangkan ram juga demikian..


>>Jaga kestabilan listrik
Sering mati listrik? itu sangat berbahaya untuk kesehatan komponen komputer anda terutama hardisk, olehkarenanya gunakanlah UPS untuk jaga-jaga dan juga HDD yang berkualitas ya... Untuk hdd sebenarnya ada tips agar data tetap aman walaupun array hardisk pada waktu tertentu mengalami kerusakan seperti badsector atau semacamnya. Caranya adalah gunakan banyak hdd dan gunakan sistem RAID, lengkapnya akan kami bahas di postingan sistem RAID

Demikian tips untuk PC on secara nonstop. Tips ini murni pendapat pribadi saya dan tidak terafiliasi oleh brand atau merek yang saya sebutkan diatas.


0 komentar:

Posting Komentar