Perangkat AP Ubuquity (UBNT) tiba-tiba menjadi 10 Mbps, Kenapa?

Kejadian seperti ini sering kita temui pada perangkat wireless merk Ubiquiti, sebenarnya banyak hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Padahal lan sudah di setting Auto 10/100 Mbps, trus kemudian kok tiba" suatu hari berubah jadi 10Mbps?
Nah dari hal ini, saya akan berbagi sedikit pengalaman saya,

KASUS 1
Suatu hari perangkat Ubnt saya jadi 10Mbps, dan kemudian gak bisa akses apa2, web config pun juga gak bisa, kemudian saya reboot berulang kali baru bisa akhirnya bisa masuk ke web config nya, dan tara, ternyata lan juga berubah 100Mbps. Saya kira masalah sampai hanya disitu, kemudian saya tinggal bberapa hari dan ternyata kejadian serupa kembali terjadi LAN 10Mbps dan Web Config tidak bisa di akses. dan saya hanya melakukkan hal seperti yang pertamakali saya lakukkan, dan berhasil, berulangkali seperti itu, tetapi lama kelamaan semakin sulit untuk normal. Dan akhirnya saya bawa ke tempat service.

KASUS 2
Karena akibat dari kasus 1 AP dibawa ke tempat service, saya mengganti dengan AP lain yang sejenis untuk menggantikan AP selagi di service. Ternyata tidak sampai 2 bulan kejadian serupa terjadi lagi. Dan memiliki kasus yang mirip dengan kasus 1. Lan 10Mbps dan tidak bisa diakses ke web config nya. Awalnya saya menduga karena saya tidak menggunakan POE Ori, dan pada saat kasus ke 2 ini terjadi saya menggunakan POE Ori dan ternyata hal tersebut masih saja terjadi. Setelah mengetahui hal tersebut ternyata disebabkan oleh rusaknya IC Lan yang pada akhirnya disebabkan oleh tegangan listrik tidak stabil atau adanya arus kejut seperti petir, induksi petir,dsb. Selanjutnya saya enggan untuk menservis kan perangkat itu, tapi saya menggantinya dengan yang baru dan memperbaiki instalasi listrik dan menambahkan Grounding(karna sebelumnya belum grounding). Alhasil.Sampai sekarang masih aman-aman saja.

KASUS 3
Tidak ada hujan maupun angin ribut atau lainnya. Tiba2 Radio Access Point saya yang berperan sebagai backbone menggunakan UBNT juga tiba-tiba berubah menjadi 10Mbps. Awalnya saya kira bakalan seperti kasus-kasus sebelumnya tapi ternyata tidak, web config pun masih bisa di akses koneksi dan ping masih berjalan normal. Setelah menuju ke TKP dan saya cek, masalahnya jatuh pada Konektor, saya ganti konektor RJ45 dan normal, namun setelah selang satu hari dan parahnya kumat lagi, setelah itu saya akhirnya melakukkan test ke Radio UBNT dan gak masalah (normal). Akhirnya memutuskan untuk ganti Kabel dan Alhasil, setelah kabel diganti semuannya kembali normal seperti sediakala.

Dari kasus 1, 2 dan 3 dapat disimpulkan bahwa, apabila terjadi Lan 10 Mbps maka hal yang dapat dilakukkan untuk pertama kali adalah

  1. Cek konektor RJ45, saya sarankan gunakan konektor Ori seperti brand A*P, karna walaupun sepele untuk jangka panjang ternyata sangat berpengaruh bro...
  2. Cek kabel ke Access Point, untuk hal ini bisa gunakan Lan Tester dari bawah ke atas tower, atau langsung gunakan kabel baru untuk sekedar test atau bawa turun AP dari tower dan cek menggunakan kabel pendek sekedar untuk test apabila normal dan point 1 jelas bukan masalahnya berarti sudah jelas kabelnya. Saran saja, untuk jangka panjang apabila kabelnya pengen lebih awet gunakan kabel jenis STP, apabilagi ToughCable dari ubnt akan lebih awet
  3. Cek Access Point, langkah ini tentu sudah dilakukkan pada nomor 2. Jika aksespoinnya yang kena maka mau tidak mau harus dibawa ke tukang service atau bila masih garansi silahkan garansikan dimana tempat anda membeli sebelumnya. Dapat dimungkinkan terkena pada IC Lan nya.
  4. Saran saya juga perbaiki instalasi listrik termasuk gunakanlah grounding agar lebih safety pada perangkat wireless anda!

0 komentar:

Posting Komentar