Review Komparasi antara AirGrid M2HP vs BULLET2+GRID

Baik, pada postingan kali ini saya akan sedikit berbagi informasi tentang compare suatu perangkat wireless. Dan itu jelas namanya wireless adalah sebuah jaringan Nirkabel yang berupa gelombang berwujud Goib tidak bisa dilihat maupun dirasakan, sungguh sangat rumit bila dipikirkan dan bagaimana-bagaimannya, wkwk..
Jadi yang akan admin kompare disini adalah 2 product Ubiquity sebagai access point, 
memang mungkin beranggapan ini tidak fair, karena power bullet 2 hanya 100mW dan power Air Grid M2HP itu 630mW. Oke agar lebih enak kita lihat spesifikasinya sebagai berikut.

Bullet 2
Atheros MIPS 4KC, 180MHz 
RAM 16MB SDRAM
4MB Flash
Tx Power : 100mW
LAN 10/100Mbps
Test menggunakan : Grid TpLink 2,4Ghz

AirGid M2HP
Atheros MIPS 74Kc, 560 MHz 
RAM 64 MB DDR2, 
8 MB Flash 
Tx Power : 630mW
LAN 10/100Mbps
Gain Antena 20dbi

tentu dari deskripsi diatas keduanya sama" 2,4Ghz,, itu jelass lah,,, kemudian untuk parameter lain seperti tinggi antena kemudian POE dan Panjang Kabel LAN semuannya sama. Dan untuk modenya keduanya akan di test menggunakan station. Lawan AccessPointnya menggunakan Omni TPLink 15Dbi.
Oke, langsung saja untuk hasil test nya., mungkin untuk secara spesifikasi jelas akan lebih unggul AirGrid apalagi dilihat dari segi power, prosessor, ram jelas lebih unggul, namun untuk Antena gainnya mungkin airgrid mengalah dan lebih unggul grid tplink yang dipasangkan bullet 2. Awalnya mengira, ketika kita uji dan test itu akan jauh unggul di AirGrid. tapiii kenapa oh kenapa,, ketika saya test,, Bullet 2 + Grid-Tplink lebih unggul... sinyal yang didapatkan 60db kemudian CCQ 95-100% dan koneksi stabil. Sedangkan AirGrid M2HP hanya mendapati sinyal 76b dan itupun sangat jatuh ketika hujan deras. kemudian untuk CCQ pun tidaklah stabil, hanya sekitar 60-80% saja dan naik turun, Alhasil koneksi tidaklah stabil pada AirGrid M2HP. Uji coba ini sudah diulangi untuk pointing tetapi tetap sama saja hasilnya tetap lebih unggul Bullet 2.
Kemudian, tadi adalah untuk sisi penerimaan, kalo untuk sisi Omni Tplink memang sinyal yang diterima lebih tinggi pada saat menggunakan AirGrid M2HP. namun selisihnya tidaklah begitu selisih banyak, hanya sekitar 2-8db saja..
Untuk sekedar pengetahuan saya, sebenarnya yang terpenting bukan hanya signal level tapi CCQ untuk saat ini perlu sangat untuk diperhatikan, juga akan percumah apabila signal bagus tapi CCQ lemah, CCQ itu seperti kualitas koneksi antara kedua perangkat. jadi sinyal bagus kemudian CCQ lebah yaa itu tadi malah koneksi bikin ancur karena transimi wireless tidak berjalan dengan baik.
Mungkin Demikian, untuk compare pada postingan ini semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar