Tips mengatasi Ubiquiti Bullet 2 freeze (susah diakses via web config) saat hujan lebat

Halo sobat, kali ini TTD akan membahas, Kenapa Ubiquity Bullet 2 (Old Version) mengalami Freeze atau web confignya sulit diakses (bisa tapi lamaa) kemudian juga throughput menurun padahal sinyal sangat bagus. Hal ini menuai banyak rasa penasaran ketika saya mengalami hal serupa, setelah berbagai eksperimen saya lakukkan akhirnya menemukan solusinya untuk masalah ini. Berikut ini yang harus dilakukkan serta kemungkinan kenapa bisa terjadi hal tersebut.

.:: [1] Periksa kondisi kabel UTP anda
Biasanya jika kabel sudah lama bisa terjadinya perambatan air melalui kabel UTP tersebut, mungkin diakibatkan oleh terkelupasnya karet pembungkus kabel UTP. Olehkarenannya air masuk ke konektor dan mengganggu konektifitas hingga turunnya Throughput selain itu juga membuat POE terjadi hubungsingkat oleh air dan AP tidak bekerja. Sarannya, gunmakanlah kabel STP khusus untuk outdoor meski agak mahal tapi setidaknya akan jauh berkualitas. Jika belum memungkinkan Upgrade ke STP maka ketika crimping UTP usahakan karet tidak sampai masuk ke Konektor RJ45 dan POE diposisikan supaya konektor RJ45 menghadap keatas, sehingga dengan ini Air tidak akan merambat sampai ke konektor

,:: [2] Upgrade Firmware
Kemungkinan lainnya adalah terdapatnya bug yang disebabkan oleh firmware bawaan, biasanya akan diadakan update untuk mengatasi bug-bug tersebut.

:: [3] Gunakan POE yang Bagus (kalo bisa ORI)
POE merupakan hal paling penting untuk mengsupply daya ke Access Point olehkarenanya perludiperhatrikan juga dan direkomendasikan untuk ubiquiti juga menggunakan POE ori Ubiquiti. Jika tidak pastikan POE anda benar-benar sesuai dengan spesifikasi dan yang tentunya tegangan yang dihasilkan STABIL. Saat hujan terkadang listrik PLN tidak stabil untuk daerah tertentu, terkadang hal ini bisa mengganggu kinerja akses poin anda, olehkarenanya POE berkualitas tinggi saat direkomendasikan.

.:: [4] Matikan mode "Noise Immunity"
Noise immunity terkadang membuat radio freeze dan througput menurun saat tiba2 hujan lebat namun jika radio direstart akan normal kembali bahkan saat hujan lebat sekalipun, sebenarnya bisa normal kembali tanpa direstart tapi butuh waktu untuk menunggunya. Jika fitur ini dinonaktifkan maka saat tiba2 hujan lebat Radio tetap aman dan tidak terjadi freeze maupun penurunan throughput.

0 komentar:

Posting Komentar